Makanan Penambah Berat Badan Anak Usia 3 Tahun

Makanan Penambah Berat Badan Anak Usia 3 Tahun, Terbaru 2023

Pastikan asupan gizi anak terpenuhi agar berat badan anak naik secara teratur, apa saja makanan penambah berat badan anak usia 3 tahun? Ketika berat badan anak meningkat dengan baik, risiko stunting akan hilang.

Sayangnya, memberi makan anak terkadang tidak semudah kelihatannya. Beberapa anak sulit memberinya makan, ini dikenal dengan gtm (diam bergerak).

Akhirnya berat badan anak menjadi stagnan. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa makanan yang dapat menambah berat badan anak andalan orang tua.

Apa saja makanan penambah berat badan anak usia 3 tahun?

Asupan kalori yang tinggi adalah pilihan yang tepat untuk menambah berat badan si kecil. Selain itu, makanan penambah berat badan balita harus mengandung zat lain yang baik untuk pertumbuhannya.

  1. Produk susu sapi

Susu sapi dan hasil olahannya merupakan makanan yang baik untuk anak. Selain tinggi kalori, produk susu juga tinggi kalsium yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Produk susu sapi yang umumnya disukai anak-anak antara lain adalah keju, yogurt, es krim, mentega, krim kocok, dan sebagainya. Makanan penambah berat badan anak usia 3 tahun ini sangat direkomendasikan.

Beberapa jenis produk susu dapat dikonsumsi secara langsung atau digunakan sebagai bahan dasar makanan lain. Pastikan anak tidak memiliki alergi susu sapi sebelum mengkonsumsinya.

  1. Kacang tanah dan selai kacang

Kacang-kacangan dan selai kacang dapat diberikan untuk menambah berat badan anak. Kacang tanah atau kacang merah bisa dicampurkan ke dalam soto anak.  Sedangkan selai kacang bisa dioleskan di atas roti. Makanan ini tinggi kalori dan sarat dengan protein dan vitamin b.

  1. Telur

Jika tidak ada tanda-tanda alergi, telur bisa dikonsumsi sejak anak berusia 6 bulan. Telur baik untuk dikonsumsi karena tinggi kalori serta mengandung protein dan omega-3 yang berguna untuk perkembangan otak.

  1. Daging sapi

Daging sapi juga tinggi kalori dan protein, serta mengandung vitamin b12 dan zat besi untuk mencegah anemia. Berbagai macam masakan bisa dibuat dari daging sapi. Beberapa menu daging sapi yang umum menjadi favorit anak-anak, misalnya sup, steak, burger, rolade, dan sate.

  1. Daging ayam

Dalam 100 gram daging ayam mengandung 200 kalori atau lebih, tergantung cara memasaknya. Makanan penambah berat badan anak usia 3 tahun sangat direkomendasikan.

Selain sebagai sumber lemak, daging ayam merupakan sumber protein yang sangat baik. Tak heran jika daging ayam cocok sebagai salah satu makanan penambah berat badan favorit balita.

Daging ayam adalah olahan makanan yang bisa dikreasikan menjadi beberapa menu. Selain digoreng dengan tepung, menu favorit anak-anak berbahan dasar ayam, misalnya nugget, sate, ayam bumbu asam manis, dan lain-lain.

  1. Ikan

Kandungan lemak ikan lebih rendah dibandingkan daging sapi dan ayam. Namun, anda tetap bisa mengandalkan ikan sebagai makanan untuk menambah berat badan anak anda.

Ada jenis ikan yang mengandung asam lemak tak jenuh omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak anak. Mengkonsumsi vitamin nafsu makan menjadi salah satu langkah yang harus anda ambil.

  1. Mentega, margarin dan minyak zaitun

Berikan mentega, margarin, atau minyak zaitun pada makanan anak. Hal ini akan membuat makanan memiliki kalori yang jauh lebih tinggi dan tentunya terasa lebih nikmat.

Mentega atau margarin juga bisa digunakan sebagai bahan pembuat kue dan biskuit yang enak untuk anak-anak. Makanan penambah berat badan anak usia 3 tahun ini sangat direkomendasikan.

  1. Santan

Santan merupakan sumber lemak yang bisa dijadikan andalan untuk menambah berat badan anak. Santan memiliki rasa yang gurih dan dapat digunakan sebagai bahan dasar berbagai masakan.

Makanan manis dan asin dapat dibuat dengan santan sebagai bahan dasarnya. Mulai dari main dish hingga dessert, kamu bisa mengkreasikannya menggunakan bahan yang satu ini.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah untuk menambah berat badan anak. Buah ini tinggi kalori, serta mengandung asam lemak tak jenuh, asam folat, dan magnesium yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Untuk makanan padat, alpukat bisa dicampur dengan asi atau susu yang biasa diminum anak. Dengan begitu, dia tidak akan mudah menolak karena terasa lebih familiar.

  1. Pisang

Pisang juga merupakan buah yang tinggi kalori dan umumnya disukai oleh anak-anak. Karena, buah ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut.

Tentu pisang bisa dimakan langsung atau dijadikan smoothies dan kolak pisang sebagai variasi. Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai makanan penambah berat badan anak usia 3 tahun, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Inilah 5 Aplikasi Untuk Memilih Pemenang Giveaway di Instagram